LK-3. Panduan Penyusunan Laporan Best Practice

Pada tugas ini Anda diminta untuk menuliskan Laporan Best Practice tentang pembelajaran yang merupakan best practice dari kegiatan PPL PPG Daljab. Laporan ini berbentuk esai 500 kata dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
1. Pilihlah salah satu pembelajaran inovatif yang Anda lakukan selama PPL PPG Daljab yang menurut Anda paling berhasil dalam aspek peningkatan proses dan hasil belajar siswa/i.
2. Deskripsikan pembelajaran tersebut dalam bentuk esai dengan menggunakan kerangka STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi) yang sesuai dengan kondisi riil di kelas. Sertakan argumentasi Anda bahwa pembelajaran yang dipilih merupakan best practice.
3. Format penulisan esai menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1.
4. Struktur penulisan esai terdiri dari:
a. Judul
b. Pendahuluan
c. Pembahasan
d. Kesimpulan
e. Daftar Pustaka

STAR mencakup hal-hal di bawah ini.

Situasi
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab.

Tantangan
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat.
Aksi Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

Refleksi
Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

Lokasi:
SD NegeriPandea 7

Lingkup Pendidikan:
Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai:
Meningkatkan motivasi dan keterampilan peserta didik dalam Menghitung Volume Bangun Ruang pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V

Penulis
SUTRISNO

Tanggal
1 Februari 2024

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
1. Motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran matematika masih rendah.
2. Peserta didik belum mampu memahami maksud soal.
3. Peserta didik masih kebingungan saat menentukan operasi hitung yang akan dipakai.
4. Peserta didik belum menguasai konsep yang dibutuhkan untuk menyelesaikan menghitung volume bangaun ruang.

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena berdasarkan informasi dari guru-guru lain, didapatkan informasi bahwa banyak peserta didik di tingkat sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal -soal pada mata pelajaran matematika , sehingga diharapakan praktik ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik.

Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga peserta didik dapat termotivasi dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.

Dalam upaya mengatasi masalah rendahnya motivasi dan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal menghitung volume bangun ruang pada mata pelajaran matematika, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, yaitu sebagai berikut:
1. Model pembelajaran yang digunakan perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran.
2. Perlu adanya media pembelajaran yang tepat agar peserta didik lebih mudah menguasai konsep yang dibutuhkan.
3. Kurangnya pemanfaatan TPACK ( teknologi ) dalam pembelajaran.
4. Peserta didik menganggap bahwa matematika itu selalu menyulitkan dan membingungkan sehingga mereka cenderung memiliki motivasi yang rendah.
Pada praktik pembelajaran ini, selain penulis yang berperan selaku guru kelas, terdapat keterlibatan dari dosen pembimbing praktik lapangan, guru pamong, kepala sekolah dan rekan guru lain sehingga praktik
ini dapat terlaksana dengan baik.

Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/
bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi adalah sebagai berikut:
1. Pemilihan model pembelajaran
Guru memilih model pembelajaran yang sesuai
dengan karakteristik peserta didik dan materi. Pada praktik ini guru memilih model Problem Based Learning (PBL) karena berdasarkan kajian literatur dan hasil wawancara, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar, mengaktifkan peserta didik, dan memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kreatif. Tahapan/ sintak PBL yang digunakan dalam praktik ini terdiri dari:
a. Orientasi peserta didik terhadap masalah
b. Mengorganisasi peserta didik
c. Membimbing penyelidikan kelompok
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil
e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
2. Pemilihan media pembelajaran
Guru menggunakan media kertas/ kardus dan banbu bekas tusuk cilok karena memiliki beberapa keuntungan yaitu: a) mudah diperoleh; b) mudah dimanipulasi oleh peserta didik; c) aman digunakan oleh peserta didik. Media pembelajaran tersebut kemudian dikolaborasikan dengan media visual berbasis TPACK melalui tayangan powerpoint.
3. Pengembangan perangkat ajar
Guru mengembangkan perangkat ajar meliputi Modul ajar , bahan ajar, media, LKPD, dan instrumen penilaian. Perangkat ajar tersebut disusun berdasarkan telaah kurikulum yang digunakan di sekolah dan model pembelajaran yang akan dilakukan.
4. Meningkatkan motivasi peserta didik Pembelajaran didesain agar dapat lebih mengaktifkan berbagai potensi dan indera peserta didik untuk menemukan konsep yang dibutuhkan.
Dengan begitu, diharapkan peserta didik dapat lebih termotivasi dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak
dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?
Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan menunjukkan hasil yang efektif dan signifikan, hal itu dapat dilihat dari :
1. Penggunaan model PBL dapat membuat peserta didik terlibat aktif dalam proses belajar.
2. Penggunaan media kardus dan lidi manipulatif dan tayangan powerpoint dapat membantu meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa terhadap materi pembagian pecahan.
3. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa keterampilan peserta didik dalam menghitung Volume soal pada mata pelajaran matematika menunjukkan ketuntasan 100% dari sebanyak lima orang peserta didik di kelas dengan nilai rerata sebesar 80,00
4. Respon siswa dan guru lain seperti hal yang sudah dijabarkan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa praktik pembelajaran yang sudah dilaksanakan membuat peserta didik aktif dan termotivasi dalam belajar, serta peserta didik lebih mudah dalam memahami materi yang dipelajari.

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan pada praktik ini sangat ditentukan oleh beberapa hal, yaitu:
1. Penggunaan model PBL yang terdiri dari 5 sintak kegiatan dapat berjalan sesuai rencana.
2. Pemanfaatan media pembelajaran berupa papan pecahan manipulatif dan tayangan powerpoint
3. Penggunaan LKPD sebagai bahan diskusi dapat memperdalam penguasaan konsep peserta didik.
4. Kemampuan guru dalam membimbing peserta didik selama pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, keterampilan pedagogik, dan materi pembelajaran

Pembelajaran yang dapat diambil: Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan menjadikan guru lebih memahami permasalahan yang dihadapi di kelas. Untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan, guru mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan diantaranya: a) identifikasi permasalahan; b) melakukan kajian literasi dan informasi dari berbagai sumber; c) penyusunan rencana solusi; d) pelaksanaan; dan e)
evaluasi.

LK 3 Best_Practices_Matematika_Kelas_V_Materi

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.